MASALAH-MASALAH
BELAJAR
Pada
kegiata belajar mengajar disekolah ditemukan dua subjek, yaitu siswa dan guru.
Dalam kegiatan belajar-mengajar, siswalah
yang memegang peranan penting. Dalam proses belajar ditemukan tiga tahap
penting, yaitu : (1) sebelum belajar. (2) proses belajar, (3) sesudah belajar.
Guru
profesional berusaha mendorong siswa agar belajar secara berhasil. Ia menemukan
bahwa ada bermacam-macam hal yang menyebabkan siswa belajar. Ada siswa yang
tidak belajr karena karena dimarahi oleh orang tua. Aada siswa yang susat
memusatkan perhatian pada saat guru menereangkan topik-topik tertentu. Adapula
siswa yang giat belajar karena bercita-cita menjadi seorang ahli.
Bermacam-macam keadaan sisa tersebut menggambarkan bahwa pengetahuan tentang
masalh-masalah belajar sangat penting bagi seorang pendidik.
Tugas
utama guru adalah membelajarkan siswa ini berarti bahwa bila guru bertindak
mengejar maka diharapkan siswa berajar atau belajar. Dalam kegiatan
belajar-mengajar disekolah ditemukan hal-hal berikut. Guuru telah mengajar dengan
baik ad siswa belajar lebih giat, ada
siswa berpura-pura belajar, ada siswa yang belajar setengah hati bahkan adapula
siswa yang tidak belajar
Guru
adlah pendidik yang mempelajarkan siswa. Dalam usaha pembelajaran siswa. Maka
guru melakuakan 6 pengorganisasian belajar, 7 penyajian bahan belajar dan
pendekatan pembelajaran tertentu, dan 8 melakuakan evaluasi hasil belajar
Prasarana
dan sarana adalah barang mahal. Barang-barang tersebut dibeli dengan uang
pemerintah dan masyarakat. Dengantersedinya sarana dan prasarana menuntut guru
dan siswa dalam menggunakanya. Peranan
guru, adalah sebagai berikut: (1) memilihara dan mengatur prasarana untuk menciptakan suasana
belajar yang mengembirakan, (2) memelihara dan mengatur sarana pembelajaran
yang berorientasi pada keberhasilan siswa belajar, (3) mengorganisasi belajar
siswa sesuai dengan sarana dan prasarana secara tepat guna. Peranan siswa, adlah sebagi berikut: (1)
ikut serta dalam memilihara dan mengatur sarana dan prasarana secara terbaik,
(2) ikut serta dan berperan aktif dalam pemanfaatan saraana secara tepat guna,
dan (3) menghormati sekolah sebagai pusatmenimba ilmu dlam rangka pencerdasan generasi
kehidupan bangsa.
Dikutip
dari :
1. Dimyati,2006,Beljar
Dan Pembelajaran, Rineka Putri
2. Wina
sanjaya,2008,kurikulum dan pembelajaran, kencana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar