spatrax

Jumat, 11 Januari 2013

ARTIKEL - BIDANG BELAJAR



MASALAH-MASALAH BELAJAR

Pada kegiata belajar mengajar disekolah ditemukan dua subjek, yaitu siswa dan guru. Dalam kegiatan belajar-mengajar, siswalah  yang memegang peranan penting. Dalam proses belajar ditemukan tiga tahap penting, yaitu : (1) sebelum belajar. (2) proses belajar, (3) sesudah belajar.
Guru profesional berusaha mendorong siswa agar belajar secara berhasil. Ia menemukan bahwa ada bermacam-macam hal yang menyebabkan siswa belajar. Ada siswa yang tidak belajr karena karena dimarahi oleh orang tua. Aada siswa yang susat memusatkan perhatian pada saat guru menereangkan topik-topik tertentu. Adapula siswa yang giat belajar karena bercita-cita menjadi seorang ahli. Bermacam-macam keadaan sisa tersebut menggambarkan bahwa pengetahuan tentang masalh-masalah belajar sangat penting bagi seorang pendidik.
Tugas utama guru adalah membelajarkan siswa ini berarti bahwa bila guru bertindak mengejar maka diharapkan siswa berajar atau belajar. Dalam kegiatan belajar-mengajar disekolah ditemukan hal-hal berikut. Guuru telah mengajar dengan baik  ad siswa belajar lebih giat, ada siswa berpura-pura belajar, ada siswa yang belajar setengah hati bahkan adapula siswa yang tidak belajar
Guru adlah pendidik yang mempelajarkan siswa. Dalam usaha pembelajaran siswa. Maka guru melakuakan 6 pengorganisasian belajar, 7 penyajian bahan belajar dan pendekatan pembelajaran tertentu, dan 8 melakuakan evaluasi hasil belajar
Prasarana dan sarana adalah barang mahal. Barang-barang tersebut dibeli dengan uang pemerintah dan masyarakat. Dengantersedinya sarana dan prasarana menuntut guru dan siswa dalam menggunakanya. Peranan guru, adalah sebagai berikut: (1) memilihara dan  mengatur prasarana untuk menciptakan suasana belajar yang mengembirakan, (2) memelihara dan mengatur sarana pembelajaran yang berorientasi pada keberhasilan siswa belajar, (3) mengorganisasi belajar siswa sesuai dengan sarana dan prasarana secara tepat guna. Peranan siswa, adlah sebagi berikut: (1) ikut serta dalam memilihara dan mengatur sarana dan prasarana secara terbaik, (2) ikut serta dan berperan aktif dalam pemanfaatan saraana secara tepat guna, dan (3) menghormati sekolah sebagai pusatmenimba ilmu dlam rangka pencerdasan generasi kehidupan bangsa.
Dikutip dari :
1.      Dimyati,2006,Beljar Dan Pembelajaran, Rineka Putri
2.      Wina sanjaya,2008,kurikulum dan pembelajaran, kencana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar