spatrax

Jumat, 11 Januari 2013

ARTIKEL - BIDANG PRIBADI



Mengenal dan Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa

Agar bimbingan dapat lebih terarah dalam upaya membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar, kami rasa perlu diperhatikan seperti:
      1. Indentifikasi: Adalah suatu kegiatan yang diarahkan untuk menemukan siswa yang mengalami kesulitan belajar, yaitu mencari informasi tentang siswa dengan melakukan : 
a)      Data dokumentasi hasil belajar mereka 
b)      Menganalisis absensi siswa di dalam kelas 
c)      Mengadakan wawancara dengan siswa  
d)      Tes untuk memberi data tentang kesulitan belajar atau permasalahan yang sedang dihadapi
2. Diagnosis: Adalah keputusan atau penentuan mengenai hasil dari pengelolaan data tentang siswa yang mengalami     kesulitan belajar dan jenis kesulitan yang dialami siswa. Diagnosis ini dapat berupa hal-hal sebagai berikut :
a)      Keputusan mengenai hasil kesulitan belajar siswa
b)       Keputusan mengenai faktor-faktor yang menjadi sumber sebab-sebab kesulitan belajar
c)      Keputusan mengenai jenis mata pelajaran apa yang mengalami kesulitan belajar
3. Prognosis: Prognosis merujuk pada aktivitas penyusunan rencana atau program yang diharapkan dapat membantu mengatasi masalah kesulitan belajar siswa. Prognosis ini dapat berupa:
a)   Bahan atau materi yang diperlukan
b)   Metode yang akan digunakan
c)   Alat bantu belajar mengajar yang diperlukan
d)   Waktu kegiatan dilaksanakan
4. Terapi: Terapi di sini adalah pemberian bantuan kepada anak yang mengalami kesulitan belajar sesuai dengan program yang telah disusun pada tahap prognosis. Bentuk terapinya antara lain:
a)  Bimbingan belajar kelompok
b)  Bimbingan belajar individu
c)      Pengajaran remedial
 5. Tindak Lanjut:
Adalah usaha untuk mengetahui keberhasilan bantuan yang telah diberikan kepada siswa dan tindak lanjutnya yang didasari hasil evaluasi terhadap tindakan yang dilakukan dalam upaya pemberian bimbingan.
Kesulitan belajar dipengaruhi juga oleh gangguan pada pemusatan perhatian, daya ingat, serta aspek-aspek lain yang juga turut berpengaruh seperti:
  1. Status Perkembangan Otak.
  2. Status Panca indra
  3. Status Lingkungan Psikososial


Tidak ada komentar:

Posting Komentar