Mengenal
dan Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa
Agar bimbingan dapat lebih terarah dalam upaya
membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar, kami rasa perlu diperhatikan
seperti:
1. Indentifikasi: Adalah suatu kegiatan
yang diarahkan untuk menemukan siswa yang mengalami kesulitan belajar, yaitu
mencari informasi tentang siswa dengan melakukan :
a) Data
dokumentasi hasil belajar mereka
b) Menganalisis
absensi siswa di dalam kelas
c) Mengadakan
wawancara dengan siswa
d) Tes
untuk memberi data tentang kesulitan belajar atau permasalahan yang sedang
dihadapi
2.
Diagnosis: Adalah
keputusan atau penentuan mengenai hasil dari pengelolaan data tentang siswa
yang mengalami kesulitan belajar dan jenis kesulitan
yang dialami siswa. Diagnosis ini dapat berupa hal-hal sebagai berikut :
a) Keputusan
mengenai hasil kesulitan belajar siswa
b) Keputusan mengenai faktor-faktor yang menjadi
sumber sebab-sebab kesulitan belajar
c) Keputusan
mengenai jenis mata pelajaran apa yang mengalami kesulitan belajar
3.
Prognosis: Prognosis
merujuk pada aktivitas penyusunan rencana atau program yang diharapkan dapat
membantu mengatasi masalah kesulitan belajar siswa. Prognosis ini dapat berupa:
a) Bahan atau materi yang
diperlukan
b) Metode yang akan digunakan
c) Alat bantu belajar mengajar yang
diperlukan
d) Waktu kegiatan
dilaksanakan
4.
Terapi: Terapi di sini adalah
pemberian bantuan kepada anak yang mengalami kesulitan belajar sesuai dengan
program yang telah disusun pada tahap prognosis. Bentuk terapinya antara lain:
a) Bimbingan belajar kelompok
b) Bimbingan belajar individu
c) Pengajaran remedial
5. Tindak Lanjut:
Adalah
usaha untuk mengetahui keberhasilan bantuan yang telah diberikan kepada siswa
dan tindak lanjutnya yang didasari hasil evaluasi terhadap tindakan yang dilakukan
dalam upaya pemberian bimbingan.
Kesulitan belajar dipengaruhi juga oleh gangguan pada
pemusatan perhatian, daya ingat, serta aspek-aspek lain yang juga turut
berpengaruh seperti:
- Status Perkembangan Otak.
- Status Panca indra
- Status Lingkungan Psikososial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar